BLOG

Bookmark and Share
Blog…Blog?!….tiada hari tanpa Blog…

Sudah tahu kan manfaat blog itu, sekarang nih aq mau bagi tahu soal langkah-langkah bikin blog. Ya bukan sok udah jago, pingin berbagi pikiran aja, oke kita mulai aja langsung… memang ada beberapa hal yang perlu di kasih tahu dalam membuat blog, sbb:

a. Buat Praktis Blog

Seperti yang sudah lalu, aqu udah kasih beberapa alamat blog server, nah sekarang kita kunjungi salah satu dari mereka. Kalau kamu sedang baca artikel ini, otomatis kamu sedang di Blogger.com. Ya, blog ini saya bangun di Blogger .com, yang dianggap blog server yang banyak dipake. So..kita bahas blog yang satu ini aja ya…Pada saat kamu masuk ke web ini, akan ketemu dengan kata2 menggoda dari mereka , nyuruh kamu bikin blog segera..

Pastinya langsung ketemu kata sign up new account, klik dan tunggu form daftar akan tampak dan kamu wajib mengisinya. Dari nama blog, design, karakteristik blog, dll. Kalau kamu memilih tempatin blog kamu di blogspot.com, maka namanya akan menjadi http://namaKu/namaMu.blogspot.com, tapi nama ini bisa diubah-ubah lagi di menu Setting. Design blog bisa kamu pilih sendiri seuai selera, Blogger.com menyediakan bebarapa design ini, tapi kalau kurang puas dengan design blog mereka, kunjungi aja Blogskins-diterangin nanti-untuk milih design yang lebih apik.

Karakteristik blog bisa diartikan sebagai pengaturan blog kamu, diantaranya boleh tidak tulisan kamu dibaca orang lain, bisa nggak orang lain ngasih komentar, bagaimana mengetahui pengunjung blog kamu, dsb. Semua itu kamu dapat di menu Setting. Contoh setting, supaya blog kamu bisa muncul di google.com, harus ada setting-an blognya.

Ikuti petunjuk sbb:(1) Log-in ke http://blogger.com dan masukkan id dan password seperti biasa;(2) Klik judul blog Anda;(3) Klik "setting", trus klik "publishing"(4) Di bagian paling bawah ada menu "notify weblogs.com" pilih "yes".(5) Klik "Save Settings" dan "republish". Selesai.Jangan lupa, menu "comments" dibikin publik supaya orang mudah memberi komentar. Caranya:(1) Klik "Setting", trus klik "comments". Di "settings comments" ini ada berbagai pilihan, pilih sbb:(a) Comments --> pilih "show";(b) Who can comment? --> pilih "anyone";(c) Comments default for comments --> pilih "New Posts have comments"(d) Backlinks --> show(e) Show comment in pop up window? --> pilih "yes"(f) Show Word verification for comments? --> pilih "yes"(g) Enable comment moderation? --> pilih "no"(h) Show profile images on comments? -->pilih "yes"(i) comment notification address --> isi dg email anda.Terakhir, klik "Save Settings" dan "Republish". Selesai.

Selain menu Settings, ada menu Tamplate (menambah/mengubah kode HTML-berpengaruh pada tampilan blog kamu), View web page/View Blog (menunjukkan hasil tulisan kamu, calon dibaca orang), Post/Posting (halaman kosong yang digunakan untuk menulis dan mempublish tulisan kamu).

b. Dasar-dasar Blogging

Blogging adalah istilah para blogger sedang ngerjain blog-nya, entah itu nambah post-nya, ngubah tampilan, dll. Dalam web (blog termasuk) ada yang namanya HTML (hyperText Markup Language), yaitu deretan kode/bahasa yang bisa di baca oleh software browser – coba klik lihat isi menu template (tampilan web di internet). Semua file yang dibuat dengan html akan memiliki kode html di belakang file tersebut, misal filequ.html. kamu emang nggak harus ahli html-syukur kalau udah-karena untuk mengubah html ini bisa kamu ambil kodenya di beberapa web secara gratis. Tinggal copy & paste di tamplate blog kamu. Contoh untuk mengubah/menambah menu di blog basicnya, kamu bisa tambah bukutamu.

Bukutamu blog disebut juga dg shoutbox atau tagboard. Sama dg bukutamu website, tapi bentuknya lebih sederhana. Banyak situs penyedia bukutamu blog gratis yg bisa Anda cari di google dg kata kunci shoutbox atau tagboard. http://shoutmix.com termasuk penyedia bukutamu blog yg disukai yg servernya cukup stabil.Caranya:(a) Daftar di alamat di atas, ikuti semua perintahnya; (b) Setelah selesai, log-in dg id dan password yg sudah terdaftar; (c) Klik menu "Code Generator"; (d) Pilih Full-frame shoutbox; (e) Klik "Generate the Code"; (f) Copy kode HTML yg ada, dan masukkan ke template blog Anda di bagian Sidebar; (g) Klik SAVE SETTING & REPUBLISH. Selesai.Fungsi dari bukutamu blog ini seperti yg Anda tahu untuk membuat interaksi pemilik blog (blogger) dg pengunjung lebih aktif dan menunjukkan bahwa kita orangnya cukup accessible.
Sedikit banyak kamu harus tetep belajar soal html, seiring mengembangkan blog kamu. Siapa tahu kamu bisa ciptain code html yang bisa bikin cantik blog, bakan bisa kamu jual ama blogger lain tuh…

c. Tentang Blogger.com

Sesudah kamu berhasil mempunyai blog, sekarang mereka nawari kamu berbagai menu untuk mengolah tampilan blog. Di bagian kiri atas ada beberapa pilihan yang bisa kamu liat adalah Posts, Settings, Template, Archive, dan Team. Bagian Posts adalah yang sedang kamu liat sekarang, tiap kali kamu klik Posts ini, kamu akan dibawa ke tampilan yang ini lagi. Seperti udah pernah dibilang diatas, bagian Posts ini terdiri atas dua bagian besar. Bagian atas adalah halaman kosong tempat kamu nulis posting ke blog kamu yang baru, sedang bagian bawah adalah tempat dimana kamu bisa liat hasil posting kamu yang baru dan posting-posting kamu kemarin-kemarin yang sudah kamu Post. Posting-posting kemarin-kemarin ini semua bisa diedit kembali dan bisa dihapus, caranya tinggal kamu klik tulisan edit dibawah tiap posting itu.
Di bagian kanan selain ada tombol buat bikin link, bold sama italic yang simbolnya sama ama di Microsoft Word ada juga tombol Post dan Post & Publish nah apa bedanya? Bedanya, kalo post kamu di Post doang, maka tulisan kamu baru bisa diliat tampilnya kayak apa dan muncul di bagian bawah dari tampilan editing itu, sedang kalo kamu klik Post & Publish posting kamu sekaligus juga ter-publish ke blog kamu yang ada di blogspot atau di tempat lain itu, bisa kamu liat hasilnya.
Ok, balik lagi ke tombol-tombol di kiri atas itu. Posts kamu udah tahu. Settings adalah tempat kamu bisa ngerubah-rubah setting blog kamu yang kamu mau. Dalemnya dibagi tiga bagian Basic dimana kamu bisa ganti, title sama description blog kamu, kamu bisa tentuin blog kamu boleh diliat orang lain ga (public blog? yes or no). Di bagian ini kamu juga bisa ganti posting kamu bakal di publish ke blogspot atau kamu udah punya tempat gratisan lainnya. Kalo masih di blogspot, kamu bisa ganti alamat urlnya juga, misalnya asalnya http://pacarku.blogspot.com trus kamu ga puas kamu pengen ganti jadi http://pacarmuJugaPacarku.blogspot.com, nah disini tempatnya. :)
Bagian lain, masih di Settings adalah formatting disini kamu bisa ganti format penanggalan, urutan kronologisnya, yang paling baru dulu atau yang paling lama dulu paling atas? dan time zone kamu (buat time zone Jakarta yaitu GMT +7). Di bagian akhir di Settings ada bagian archiving disini bisa kamu tentuin arsip blog kamu bisa mingguan, bulanan atau ga di arsip sama sekali. Kalo kamu sudah ga lagi publish ke blogspot, kamu bakal ditanya tentang FTP account kamu, di tempat gratisan yang sekarang kamu simpen blog kamu. Misalnya buat yang nyimpen blognya di Tripod.com, maka alamat ftp kamu adalah ftp.tripod.com. Kamu bakal ditanya alamat blog kamu disana, sama gimana login ke ftp itu, user name + password. Tapi yang terakhir ini kalo kamu ga mau isi gapapa juga, ntar tiap kamu publish, kamu bakal ditanyain user name + password-nya. Kamu juga perlu spesifikin nama file html buat blog dan archive kamu.
Tombol lainnya adalah Template, kalo kamu klik kamu bisa dapetin kode html yang ngatur tampilan dan isi halaman blog kamu. Di halaman Template ini juga kamu bisa ganti template kamu yang sekarang kalo kamu ga suka, klik choose a new template di kanan atas nanti kamu bisa milih disitu template yang kamu suka, tapi hati-hati, kalo kamu milih yang baru, semua perubahan, misalnya nambahin link, di template yang sekarang bakal kehapus, dan bakal make default si template baru itu.
Di halaman Archive adalah tempat setting-an arsip blog kamu (posting-posting kamu yang udah lama bakal diarsipin). Karena kamu baru mulai berarti belum banyak arsip yang ada. Di sini kamu bisa atur buat misalnya nge-publish ulang arsip-arsip kamu (kalo kamu ganti template, hal ini perlu dikerjain), atau buat nentuin, blog kamu mau di arsipin, tiap minggu atau tiap bulan dan disini kamu juga bisa liat kode html halaman template archive kamu.

Di kiri atas itu ada juga tombol Team, nah seperti namanya, ini ngatur team yang ngisi blog kamu itu. Mungkin sekarang kamu ngisi blog kamu itu sendirian, tapi kalo kamu pengen temen-temen kamu buat ngisi blog kamu itu, kamu bisa klik tombol itu dan di dalemnya ada tools buat nge-manage team kamu itu. Salah satunya, ada fasilitas inviter, buat ngasih tau temen kamu via email buat gabung dan ngisi blog kamu itu bareng-bareng.
Yang terakhir adalah My Blogs, ini sebenernya bukan tombol, tapi kalo kamu nanti punya beberapa Blog, di sebelahnya ada pilihan Blog mana yang saat ini sedang kamu "urusin". Di pilihan ini ada juga pilihan buat bikin blog baru. Ok, sebenernya kehidupan blogging kamu udah bisa survive sampe sini, tapi just in case kamu pengen bikin blog kamu lebih istimewa lagi, beda sama yang lain, kamu harus udah mulai belajar html dikit-dikit. Abis itu kamu cobain deh utak-utik template kamu di halaman template tadi. Buat mulai coba-coba, ganti warna, ganti font atau apa gitu, kamu bisa copy-paste kode html kamu ke notepad trus di save as file html, abis itu kamu bisa coba-coba jadinya. Buat ngedit-ngedit halaman html kamu bisa pake EditPad lite atau EditPlus, walo pake notepad juga bisa. Hasil coba-coba itu nanti bisa kamu copy-paste lagi ke halaman template kamu.

d. Blog Cantik dan Ayu

Kalau ibaratnya manusia, ni..blog minta didandani biar apik en seksi dilihatnya. Bukan pakai bedak dong…tapi pakai kode2 rahasia…e..ee..sebetulnya buka rahasia lagi sih..udah diberi sedikit tahu kan diatas tadi. Kode itu ya HTML-nya web blog, yang bisa kamu peroleh dengan gratis di berbagai situs internet. Kita buka satu persatu ya…nihh…

· Setelah mempunyai tulisan di blog, tentunya kan ada orang yang berkunjung ke blog kamu itu dan baca tulisan didalamnya. Nahh..ada aja orang yang mau ngasih komentar atau pendapat tentang tulisan kamu itu. Untuk menampung komentar orang tersebut, kamu harus punya fasilitasnya. Ada banyak layanan situs yang ngasih gratis skrip html-nya, kamu tinggal copy-paste ke tamplate blog. Kunjungi aja situs-situs berikut : Enetation (http://www.enetation.co.uk), blogkomm (http://blogkomm.com), backblog (http://blogextra.com/backblog/), haloscan (http://www.haloscan.com), YACCS (http://rateyourmusic.com/yaccs).

· Guestbook, seperti namanya, guestbook alias buku tamu adalah tempat di Blog kita dimana pengunjung bisa ninggalin pesan buat kita baca. Biasanya kalo udah ada fasilitas ngasih komen, maka di guestbook-nya pengunjung ninggalin pesan yang sifatnya lebih general ke seluruh Blog dan ga ke satu post aja. Misalnya, desainnya bagus, atau isinya bagus atau juga salam kenal. Yang ngasih fasilitas gratisan guestbook salah satunya adalah http://www.Signmyguestbook.com, lumayan, karena mereka ngasih hampir full customization tampilan guestbook kita atau kamu bisa juga pilih salah satu dari templatenya.

· Statistic dan Tracker, berfungsi untuk mengetahui berapa pengunjung yg datang setiap harinya, setiap minggu, dan bulan dan dari negara mana saja. Selain itu, ia memberi tahu kita lewat mana pengunjung itu datang: lewat pencarian di google atau via blog/situs lain yg memasang link blog kita. Statistic/tracker gratis yg paling terkenal ada dua Sitemeter dan Extreme Tracking. Klik link berikut untuk mendaftar: (a) http://www.sitemeter.com/?a=newaccount (b) http://www.extreme-dm.com/tracking/?reg Setelah daftar, login dan masukkan kode HTML-nya di blog kamu.

· Satu fasilitas lain yang biasanya dipunyain sama Blogger adalah Tag-Board atau Chat-Board. Yang satu ini sifatnya kayak ngasih fasilitas chatting di Blog kamu, orang bisa ngasih komen pendek, kayak say hi! atau apa kabar yang sifatnya umum. Sayang, yang diomongin orang ga bisa diarsipin, jadi yang udah ditulis, ya udah lewat aja, ga bisa kamu save (rasanya :)), buat yang pengen yang ginian bisa pake Tag-Board atau Chatter dari http://tag-board.com/, http://chatter.flooble.com/, http://www.doneeh.com/, Sign up di website mereka trus pasang skrip yang mereka sediain di tempat yang kamu pengen di Blog kamu.

· Kalau blog Anda berbahasa Inggris, Anda bisa memasang Kamus Indonesia-Inggris dan Inggris-Indonesia di blog Anda supaya pengunjung Indonesia yg lagi belajar bahasa Inggris bisa betah nongkrong. Kode HTML-nya bisa diambil di http://kamus.net.

· Ingin melihat nama dan peta kampung kelahiran nempel di blog, silahkan daftar di http://feedmap.net. Caranya,(a) masuk ke http://feedmap.net; (b) Klik "Explore Blog", akan muncul peta dunia; (c) Pilih negara Indonesia dg cara klik kanan secara terus menerus mouse komputer Anda dan geser/putar peta dunia tsb. ke kanan/kiri sampai ketemu peta Indonesia. (d) Setelah peta Indonesia ditemukan, perbesar fokus peta dg cara mengklik 2x secara berulang-ulang; (e) Pilih kawasan atau propinsi yg paling dekat dg kampung kelahiran Anda, dan perbesar fokus peta dg mengklik berkali-kali sampai tidak dapat diperbesar lagi; (f) Setelah nama kampung kelahiran atau kota terdekat dari kampung kita tampak, arahkan panah mouse ke kota tsb dan klik kanan mouse; (g) Akan tampil menu "Add Blog", klik menu ini; (h) Akan muncul kotak, isi alamat blog Anda. Contoh, http://kolom-mario.blogspot.com (jangan lupa pake awalan http://; (i) Klik submit; (j) Apabila berhasil, maka akan muncul tulisan: Thank You! Di bawahnya ada tiga kotak yg berisi kode html untuk BLOGMAP, NEIGHBLOGMAP BUTTON, dan LOCAL BLOGROLL. Copy ketiga kode HTML tsb. dan paste di sidebar blog Anda; (k) Selesai.

· Hal lain yang penting juga adalah Website Counter. Kamu pengen tau kan udah berapa orang yang datang dan baca Blog kamu? Nah kalo kamu pasang counter, kamu jadi tau dan tergantung counter-nya juga, selain kamu tau berapa orang yang udah dateng, kamu juga bisa tau dari website mana mereka datengnya dan berapa lama mereka di Blog kamu. Ada banyak counter gratisan di Internet, salah satu yang worth to try adalah SiteMeter. Sign up trus pasang skrip counter mereka di Blog kamu, kamu bisa liat visitor Blog kamu ditampilin secara grafik, per minggu, per bulan per tahun. Mereka juga nampilin referral ke Blog kamu, artinya yang dateng ke Blog kamu tuh dapet ngeklik dimana, dan kamu juga bisa liat detail pengunjung kamu, kayak IP mereka (walo ga ngaruh juga, belum tentu tau siapa yang dateng kalo cuma dari IP), berapa lama mereka di Blog kamu, pake System Operasi apa, Windows, Mac atau apa. Pake Browser apa, Internet Explorer versi 5 atau Opera dll. Lumayan keren SiteMeter.
· Blogskins, seperti namanya ngasih layanan buat kamu yang mau ganti "skin" Blog kamu. Trus ga susah lagi, mirip kayak ganti template di Blogger.com. Sign up, kamu pilih skin yang kamu mau (saran, mulai dari top skin yang di download di kanan bawah), kamu jangan kuatirin kode-kode html, tinggal masukin data username sama password Blogger kamu, ntar Blogskins yang gantiin "kulit" Blog kamu. :) Gampang kan.

· Bagi blogger Muslim, www.islamicfinder.org menyediakan jadual shalat lima waktu yg bisa ditempel di blog. Anda bisa pilih berdasarkan kota dan negara. Silahkan ambil kodenya di link berikut: http://www.islamicfinder.org/index.php?inl_language.

· Tidak cukup dg jam tangan dan jam di HP atau Anda merasa dinding blog Anda perlu dipasang jam? Silahkan pilih di http://clicklink.com dan ambil kodenya.

· File yang besar tentunya membutuhkan tempat penyimpanan yang besar juga. Nahh…kalau tulisan kamu udah berjibun dan butuh tempat penyimpanan, ada lanyanan penyimpanan file di http://tripod.com dan http://www.geocities.com. Kunjungi dan daftar…

Oke diatas sudah ada beberapa “kosmetik” untuk buat cantik dan ayu blog kamu. Kalau kamu punya ide atau masukan lain, tentang “kosmetik” blog, silahkan email ke blog ini. Kan sesama blogger harus saling memberi masukan..ya ..to..

e. Ngisi BlogPage

Tugas dari blogger yang udah punya blog ya…harus ngisi halaman blognya dengan berbagai macam tulisan. Tergantung kesenangan masing-masing blogger, mau diisi apaan blog kalian. Karena tema penting buat blog kamu, kalau bisa yang spesifik, yang bisa membuat blog kamu berarti dan kalau orang butuh informasi tentang tema spesifik, langsung inget blog kita. Tema bisa apa aja, dari masalah politik, ekonomi, budaya, kesehatan, olahraga, musik, teknologi, catatan pribadi/curahan hati, karya sastra (puisi, cerpen, komik), berita, berbagai tips & triks, wualah..wis..pokok-e…terserah kamu..,plus dll.

Pokoknya blog membuat kita bisa melek akan pengetahuan dan unek-unek yang sudah di kepala – kalau nggak mau bikin pusing - berusaha untuk diungkapkan pada orang lain, melalui tulisan di blog. Satu hal yang perlu diinget, Blog (kependekan dari WebLog) dalam bentuknya alamiahnya adalah catatan perjalanan atau Log di Web. Karena itu Blog atau Weblog "biasanya" berisikan link-link ke website, artikel, games, quiz atau apa aja di Internet yang menarik buat si Bloggernya yang kemudian di-link di Blognya dan biasanya disertai komentar Bloggernya. It's okay, kalo isi Blog kamu adalah diary kamu doang tanpa ada link kemana-mana kecuali Blog-Blog temen-temen kamu yang kamu mentioned di diary kamu tadi, hanya aja, buat jaga-jaga siapa tau kamu juga pengen ngisi Blog kamu ama link-link ke apa-apa yang lagi "HOT" di Internet maka ada beberapa website yang bisa jadi tempat kamu mulai.

Oke deh, inget yang paling penting adalah, bahwa kamu ngisi Blog kamu secara rutin, makin sering kamu isi, makin sering juga kamu bisa latihan ngisinya. Blog yang ditinggalin pemiliknya, misalnya lama ga di-update, biasanya ditinggalin sama pembaca-pembacanya. Makin lama kamu tinggalin biasanya kamu juga makin males untuk mulai ngisinya lagi.
f. Tips & Serba-serbi Blog

Udah punya blog dan mulai nulis atau udah banyak posting-an, nahh..kamu butuh yang namanya kumpul-kumpul ama blogger lain. Biar ngrasa gaul gitu..ato kalau nggak mau dianggap kuper di dunia blog. Komunitas blogger bisa kamu gunakan untuk ajang ketemuan ama sesama blogger. Manfaatnya apaan sihhh… ada..to..ya…Yang pertama, sebagai media yang masih muda, Blog dan Blogger rasanya masing-masing perlu dukungan sesamanya buat makin kuat dan nge-eksis-in dirinya, terutama di lingkungan yang belum terlalu familiar sama Blog itu sendiri kayak di Indonesia untuk nyoba nerangin apa konsepnya, kelebihan-kelebihannya . Dengan adanya komunitas, apa-apa yang perlu dilakukan Blogger secara sama-sama kan lebih gampang dikoordinir.

Kedua, komunitas Blogger, ngemudahin kamu untuk dapet info baru dan minta tolong, kalo kamu butuh bantuan. Siapa tau ada Blogger yang suka sama isi Blog kamu terus dia nawarin buat ngedesainin Blog kamu atau nawarin hostingan gratis? Lumayan kan :D. Trus kalo kamu ada kesulitan-kesulitan yang kamu ga ngerti sama Blog kamu, tulisannya ga keluar, arsip-nya ilang atau apa, kamu bisa nanya ama komunitas kamu.

Ketiga, kamu jadi nambah temen dengan bergaul di komunitas Blogger, dan pengunjung Blog kamu bisa jadi nambah banyak. Temen-temen kamu di komunitas itu kan ntar pada pengen tahu Blog kamu tuh kayak apa, apa aja yang kamu kerjain, apa aja yang kamu tulis di Blog kamu. Otomatis dong, pengunjung Blog kamu jadi tambah banyak yang hasil akhirnya, kamu jadi makin rajin ngisi Blog kamu, karena kamu ga pengen ngecewain temen-temen kamu tadi.
Suka chatting juga, nihh..ada beberapa komunitas Blogger Indonesia saat ini, sebagian besar selain berkomunikasi di Blog, mereka berkomunikasi di media lain seperti mailing list dan IRC. Ada dua mailing list Blogger Indonesia yaitu Bloggerian (53 member+kamu?) dan Blogbugs (77 member+kamu?), kamu bisa gabung di dua-duanya. Trus di IRC ada 3 channel Bloggers, tiga-tiganya di dalnet, yaitu #Blogger, #Bloggerian dan #Bloggerz. Oke….lha..ayo cepetan gabung ..mennn…

Untuk memperluas jaringan blog, kita juga harus secara langsung maupun tak langsung memperkenalkan blog kita dalam jaringaa internet. Maksudnya adalah coba kamu daftar ke blog direktori yang akan menyimpan blog kamu di mesin pencari mereka. Ada banyak blog derektori yang bisa kamu pakai, cont: Daypop, blogdex, weblog indonesia, http://technorati.com, http://feeburner.com, http://blogdigger.com. Imbas dari kamu daftarin blog kamu ke derektori diatas adalah bog kamu mudah ditemukan oleh orang lain jika mereka mencari kata kunci/topik tertentu di mesin pencari mereka.

Halaman blog emang buat kita isi dengan berbagai macam hal, tapi saya sarankan agar tidak memasang link-link yang membebani akses weblog kamu, seperti gambar yang ukurannya besar (diatas 50 kB). Buat medah dibaca, gunakan huruf-huruf yang tidak aneh-aneh, artinya mudah dibaca. Jangan nanti ada kunjungan ke blog kamu langsung pergi, karena ulisan kamu terlalu kecil atau ruwet untuk sekedar dilihat. Lihat juga blog milik blogger lain yang kayaknya masih aktif saat kamu kunjungi, maksudnya kalau kamu lihat blog itu menarik dan ada link atau asesoris yang bikin gatel memilikinya juga, yang kamu bisa kirim email untuk tanya dan kemungkinan besar blogger tersebut menjawab email kamu.

Terakhir, ada banyak cara dan fasilitas lain di internet yang bisa kamu coba untuk membuat BLOG selain yang sudah ditulis di atas. Kamu bisa cari-cari lagi kalo ga puas. Tapi sebagai awal, mudah-mudahan fasilitas-fasilitas di atas udah bisa menuhin kebutuhan Blog kamu. Tapi kalo kamu penasaran kamu bisa cobain mulai dengan link-link dibawah ini:
Halaman Resource-nya Blogroots. Blogroots adalah Blog tentang perkembangan dan konsep Blog, calon sebuah buku yang akan diterbitkan. Artikel "Blogging Software Roundup" dari The Microcontent News. Bahasan super lengkap dari berbagai keluarga software buat nge-Blog, yang salah satunya Blogger.com itu. Ditulis oleh John Hiler. Weblog Madness yang nge-list "658 weblog-related resources" dan Weblogs Compendium. Adalah dua daftar dan link ke banyak banget tools tentang segala sesuatu yang bisa dipake dan berhubungan dengan Blog. Cobain juga Daftar tools buat nge-Blog di Google/Dmoz.
Well, sampai disini dulu, selamat ngemulai Blogging, kalo ada yang salah-salah diatas atau kurang tepat, saran, kritik, makian, apapun tolong kasih tau gue, mudah-mudahan bisa secepatnya diperbaiki. Mudah-mudahan panduannya berguna. Hidup..blogger..Indonesia..Merdekaaa…apaann coba??!

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar