Wordpress 2.5 : Lebih Nyaman, Indah dan Lengkap

Bookmark and Share
Ditulis Pada : April 22nd, 2008 , 7:18 pm | Kategori Blogging, Wordpress | Author: Nias zalukhu

Wordpress 2.5 sudah diluncurkan, lalu apa kelebihannya dari versi sebelumnya? karena saat ini saya sudah memakai versi baru tersebut maka saya cerita-cerita dikit. WP 2.5 memiliki kelebihan di segi tampilan dan navigasi dibandingkan versi sebelumnya. Tampilan dengan warna yang lebih soft mungkin bertujuan agar mata tidak cepat lelah saat kita masuk ke dashboard. Di halaman awal dashboard, kita langsung disajikan tampilan yang sangat berbeda namun sangat simpel yang sangat membantu memandu kita dalam mengelola blog. Menu yang terdapat di bagian atas pun mengalami penyederhanaan namun justru lebih lengkap. Salah satu kelebihan yang tidak ada pada versi sebelumnya adalah ketika kita menulis content selain terdapat menu “add media” (music, video, gambar dan media lain) juga kita terdapat toogle fullscreen dimana kita bisa mengubah area kerja menjadi fullscreen. Menu kategori yang tadinya terletak di sebelah kanan di versi baru ini bertukar tempoat dengan menu penyimpanan dan publish. Di menu Manage terdapat menu baru yaitu Media Library untuk pengelolaan media baik itu lagu, gambar maupun video.
Di menu pengaturan Widget justru mengalami perubahan besar walaupun menurut saya pribadi wordpress versi sebelumnya lebih simpel. Di menu Theme editor juga mengalami perubahan positif terutama bagi para blogger yang baru menggunakan wordpress. Jika di versi sebelumnya tidak menampilkan nama file yang akan di edit melainkan hanya menampilkan judulnya saja, di versi terbaru ini selain menunjukkan judul file juga menampilkan nama file apa yang sebenarnya sedang di edit.
Jika ingin mengupgrade wordpress maka sebaiknya membuat backup terlebih dahulu, namun jika memilih untuk menginstal baru dengan database lama maka sebaiknya jangan langsung merestore database karena bisa mengakibatkan blog menjadi error karena perbedaan database. Jika ingin mengupdate dengan cara instal baru maka setelah menginstal wordpress maka import sebagian data dari database lama. Cukup impor tabel wp_comment, wp_posts dan wp_user. Selebihnya silahkan mengatur ulang melalui menu admin. Plugin yang dipakai juga jangan sembarangan karena bisa saja pulgin tersebut tidak compatible dengan wordpress versi baru ini.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar